5 Daftar Makanan Cepat Menurunkan Kolesterol Jahat

Cara cepat untuk menurunkan kolesterol jahat, karena Kolesterol itu datangnya dari kedua sumber, diproduksi oleh hati atau lewat makanan yang di konsumsi. Menurut para ahli kesehatan, didalam tubuh manusia terdapat kolesterol baik, yang merupakan senyawa dengan sifat mirip lemak yang hidup secara alami dalam hampir setiap bagian tubuh Anda seperti otak, saraf, otot, usus, hati, dan jantung. Berdasarkan dari Angka kolesterol normal yang disarankan oleh para dokter secara umum adalah di bawah 200. Jika Anda melakukan tes kadar kolesterol, pastikan Anda mendapat rincian hasil HDL (lemak baik) dan LDL (lemak jahat) juga. Kadar HDL yang baik adalah 60, tapi semakin tinggi angkanya justru semakin baik bagi Anda. Sementara itu kadar LDL yang aman adalah di bawah 100.

Pixabay

5 Daftar Makanan Cepat Menurunkan Kolesterol Jahat


Manfaat Minyak Zaitun Untuk Menurunkan Kolesterol

Minyak zaitun dapat menurunkan kadar kolesterol secara cepat. Selain itu juga sisi baiknya karena kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E. Kedua nutrisi ini dapat menurunkan LDL kolesterol atau lemak jahat, dan menaikkan HDL kolesterol alias lemak baik. Kamu bisa mencampurkan 2 sendok minyak zaitun dan buah zaitun pada salad atau coba menggoreng dan menumis makanan menggunakan minyak dari buah zaitun tersebut.

Manfaat minyak zaitun dalam menurunkan kolestrol jahat yang sudah mendapatkan banyak rekomendasi dari para ahli kesehatan dan gizi. Para dokter dan ahli kesehatan telah menyepakati jika minyak zaitun dapat menurunkan kolestrol tinggi. Karena sebagian orang tidak mengetahui jika minyak zaitun dapat dipakai sebagai penurun kolestrol. Minyak zaitun mengandung kandungan yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Kandungan tersebut diantaranya adalah omega-9, squalene atau sering disebut cairan eter organik dimana senyawa ini sangat bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sedangkan omega-9 berperan penting dalam menurunkan kadar kolestrol serta mengobatinya.

Kacang Kedelai Cepat Menurunkan Kolesterol


Sumber makanan yang berasal dari kacang kedelai ataupun kacang kedelai yang telah diolah, seperti tahu, tempe, susu kedelai, atau susu kacang hijau, mengandung zat isoflavon yang berfungsi sebagai zat yang dapat menekan kolesterol jahat (LDL) agar tidak berkembang lebih banyak di aliran darah.

Namun ada hal yang harus dihindari. Ketika mengolah bahan makanan dari kacang kedelai, hindari memasak atau menambahkan minyak goreng biasa. Ganti dengan minyak zaitun. Badan Pengawasan Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) menyarankan untuk mengonsumsi sedikitnya 25 gram protein kedelai per hari sebagai makanan penurun kolesterol.

Ikan salmon

Ikan salmon diperkaya dengan kandungan omega 3 yang dapat berfungsi untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida serta meningkatkan produksi kolesterol baik (HDL). Selain mengandung omega 3, ikan salmon juga mengandung EPA dan DHA yang sangat baik bagi kesehatan dan fungsi kerja organ jantung.

Sebuah asosiasi kesehatan di Amerika menyimpulkan bahwa mengonsumsi ikan salmon, ikan tuna, sarden, atau makarel, minimal 2 porsi dalam satu minggu dapat memberi manfaat yang sangat optimal dalam menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Perhatikan pola makan Anda

Nah, ini merupakan hal yang sangat penting untuk menurunkan kolesterol Anda. Kebanyakan dari Anda yang mempunyai kadar kolesterol tinggi mempunyai masalah dengan pola makannya. Mulai sekarang, sebaiknya perhatikan apa saja yang Anda makan.

Hindari atau batasi makanan yang dapat meningkatkan kolesterol darah Anda, seperti:

  • Daging berlemak
  • Sosis
  • Mentega
  • Krim
  • Cake, biskuit, cokelat, dan permen
  • Ganti asupan makan Anda dengan lebih banyak mengonsumsi:


Makanan berserat

Sayuran berwarna hijau, tomat, wortel, terong, buah-buahan (seperti apel, anggur, stroberi, dan jeruk), oatmeal, dan kacang-kacangan (seperti kacang almond, kacang tanah, kacang kedelai, dan kenari) yang tinggi serat dan sterol mampu menyerap kolesterol dalam tubuh Anda. Selain itu, makanan berserat juga mampu membuat Anda lebih kenyang tahan lebih lama, sehingga asupan makan yang Anda tidak terlalu banyak. Mulailah dengan menyisipkan makanan berserat pada menu makan Anda setiap hari.
comments

0 Response to "5 Daftar Makanan Cepat Menurunkan Kolesterol Jahat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel