6 Manfaat Buah Kiwi Untuk Ibu Hamil dan Kesehatan Janin

Buah kiwi dikenal oleh banyak orang sebagai sumber pangan yang mengadung vitami c yang cukup banyak. Di samping memiliki rasa segar dan enak, buah kiwi menyegarkan dan tergolong enak untuk dimakan. Bahkan kiwi mengandung berbagai jenis vitamin dan nutrisi yang sangat diperlukan oleh ibu hamil dan juga kesehatan janin di dalam kandungannya. Buah kiwi mejadi salah satu buah bentuknya yang unik dan warnanya yang lucu hijau segar, sehingga dapat menggugah selera saja serta karena rasanya yang asam-asam segar. Disarankan bagi ibu hamil yang susah makan alias ngidam pasti cocok dengan buah kiwi karena memiliki rasa yang khas dengan rasa asamnya.

6 Manfaat Buah Kiwi Untuk Ibu Hamil dan Kesehatan Janin (image:pixabay)


Untuk meningkatkan kesehatan pada masa kehamilan dan janin, janga lupa utuk mengkonsumsi secara rutin makan kiwi saat hamil ternyata memberikan banyak manfaat bagi ibu dan janin yang dikandung. Ibu hamil dapat makan buah kiwi segar dengan kulitnya sama seperti apel, tetapi kebanyakan orang lebih memilih untuk memotongnya setengah kemudian langsung menyendokkan isi buahnya saja. Atau alternatif lain dapat dengan mengupas kulitnya dan memotong irisan buahnya.


Janga lupa ya tips sehatnya, yang lebih penting adalah mencuci kiwi sebelum mengonsumsi. Karena pada kulit kiwi terdapat berbagai macam bakteri atau bahan kimia berbahaya yang dapat mengganggu perkembangan janin.

6 Manfaat Buah Kiwi Untuk Ibu Hamil dan Kesehatan Janin

Kaya Asam Folat

Manfaat kesehatan dari buah kiwi merupakan makanan bergizi yang layak dikonsumsi ibu hamil karena di dalamnya banyak mengandung asam folat. sam folat merupakan salah satu tipe vitamin B (B9) yang penting dalam perkembangan sistem saraf dan pertumbuhan sel. Kurangnya konsumsi folat selama masa kehamilan dapat meningkatkan risiko cacat lahir, seperti spina bifida.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, wanita hamil direkomendasikan mengonsumsi 400 mikrogram asam folat per harinya. Konsumsi folat sebaiknya dimulai satu bulan sebelum hamil sebagai pencegahan kecacatan pada otak dan tulang belakang bayi. Nah, buah kiwi ternyata merupakan sumber asam folat yang alami dan aman dikonsumsi.

Tinggi Vitamin C dan Mejaga Daya Tahan Ibu Hamil


Para wanita yang sedang hamil wajib untuk menjaga daya tahan tubuhnya agar tidak mudah terserang penyakit yang berakibat buruk bagi sang buah hati. Vitamin C juga memiliki peranan penting selama masa kehamilan. Ini karena vitamin C bisa meningkatkan kekebalan tubuh sekaligus memicu produksi kolagen, yaitu protein yang menjaga kulit tetap lentur dan kenyal. Ibu membutuhkan kolagen dan vitamin C untuk mencegah selulit pada perut ibu.

Kiwi adalah salah satu sumber vitamin C yang baik. Vitamin C merupakan antioksidan kuat yang dapat menjaga tubuh dari bahaya radikal bebas dan memiliki efek antimikroba sehingga mencegah pertumbuhan bakteri, virus, ataupun parasit.

Antioksidan berfungsi untuk melawan segala dampak buruk dari radikal bebas dan meningkatkan imunitas dalam tubuh. Salah satu makanan yang mengandung banyak antioksidan seperti vitamin A, E, C, zinc, selenium, dan sebagainya adalah buah kiwi. Konsumsilah buah kiwi secara teratur agar sobat bisa merasa terus sehat selama hamil.

Buah kiwi kaya akan antioksidan, yang membantu melindungi DNA dan RNA janin dari bahaya. Antioksidan ini bertugas melawan radikal bebas dalam tubuh dan mampu melawan penyakit sehingga ibu hamil dan bayinya akan tetap sehat. Antioksidan juga memiliki fungsi untuk melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Nah, khasiat ini jadi satu alasan lagi untuk makan kiwi saat hamil.

Vitamin K

Vitamin K merupakan vitamin yang penting untuk pembekuan darah dan mempercepat penyembuhan luka. Berdasarkan MedlinePlus, vitamin ini juga memiliki peranan dalam menjaga kekuatan tulang.

Mengonsumsi vitamin K yang cukup selama masa kehamilan sangat penting karena perdarahan akan sering terjadi selama proses melahirkan. Kehilangan darah yang berlebihan karena lamanya waktu pembekuan dapat membahayakan nyawa.

Gula alami

Kiwi memiliki komponen gula alami yang membantu mengendalikan keinginan Anda akan makanan manis yang tidak sehat. Dengan indeks glikemik yang rendah, kiwi tidak menyebabkan terjadinya lonjakan insulin. Mengendalikan gula darah merupakan hal yang penting, mengingat banyak kasus diabetes gestasional selama kehamilan.

Mencegah stroke

Berdasarkan penelitian Centers for Disease Control and Prevention (CDC), stroke pada ibu hamil terus meningkat dari tahun ke tahunnya. Stroke sangat rentang menyerang wanita hamil yang menderita obesitas, tekanan darah tinggi, dan juga sakit jantung. Bila sobat rutin memakan buah kiwi, maka bisa membantu melancarkan peredaran darah karena kiwi mengandung banyak antioksidan alami seperti polifenol.

Baik untuk pencernaan

Sebagai ibu yang sedang hamil, tentunya Anda mengetahui bahwa sembelit (susah buang air besar) dan wasir sering terjadi selama masa kehamilan. Kiwi merupakan sumber prebiotik yang baik. Prebiotik mengandung enzim, serat, dan komponen phenolic. Sehingga mengonsumsi kiwi baik untuk mencegah konstipasi, diare, maag, mual, dan nyeri perut.
comments

0 Response to "6 Manfaat Buah Kiwi Untuk Ibu Hamil dan Kesehatan Janin"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel