Manfaat Udang Banyak Nutrisi Namun Tinggi Kolesterol

Udang merupakan salah satu makanan seafood yang kini banyak sekali digemari oleh banyak orang. Udang salah satu bahan makanan yang memiliki banyak nutrisi namun yang harus diwaspadai yakni tngginya kolesterol. Bila anda salah seorang yang suka dengan memasak udang tentunya dengan berbagai cara yakni digoreng atau pun dengan cara dipanggang. Bila anda salah satu diantaranya yang dapat mengkonsumsi makanan dan dalam kondisi matang mengandung banyak nutrisi dan kalori. Tahukah anda nutrisi yang ditakar dalam 85 gram udang matang, terkandung 84 kalori dan 20 gram protein. Udang juga memiliki banyak nutrisi penting diantaranya sebagai berikut, seperti kalsium, magnesium, fosfor, kalium, dan zinc.

Ilustrasi Makanan Udang Copyright Shutterstock



Selain itu juga kesukaan dari salah satu makanan laut yakni udang juga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6, antioksidan, dan yodium yang baik untuk tubuh. Udang pun termasuk dalam golongan yang rendah.

Manfaat Udang Banyak Nutrisi Namun Tinggi Kolesterol


1. Membantu Pembentukan Sel dan Jaringan Tubuh

Udang memang banyak protein berguna untuk pembentukan sel dan jaringan baru di dalam tubuh. Protein yang terkandung didalam udang yakni berguna untuk memproduksi berbagai enzim dan hormon.

2. Membantu Produksi Hormon Tiroid


Protein udang dalamnya mengandung juga yodium merupakan bahan baku yang penting dalam produksi hormon tiroid. Hormon ini sangat berperan dalam proses metabolisme tubuh. Tanpa asupan yodium yang cukup, Anda berisiko mengalami penyakit gondok dan kemandulan.

3. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Udang panggang juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Tidak hanya itu, kalsium juga dapat membantu kerja otot, meningkatkan produksi hormon, dan mempercepat proses pembekuan darah.

4. Menyehatkan Jantung

Banyak sekali kandungan seperti asam lemak omega-3 dan omega-6. Kedua nutrisi ini berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung Anda.

Ada Resiko Makan Udang yang Perlu Diwaspadai


Ilustrasi Resiko Kolesterol Makan Udang Berlebih Copyright Shutterstock


1. Alergi

Jika seringkali anda alergi sebaiknya hindari makan udang, karena kemungkinan udang dapat memicu munculnya reaksi alergi tersebut. Gejala yang muncul bisa berupa kulit gatal, mual, muntah, sakit perut, pusing, atau pembengkakan di sekitar wajah dan mulut.

2. Tersedak

Mungkin saja perlu anda berhati-hati, ketika mengkonsumsi atau pun makan udang bisa menyebabkan Anda tersedak. Ada yang paling diperhatikan yakni kulit dan ekor udang dapat melukai dan menyumbat saluran pernapasan. Mka dari itu dalam pengupasan kulitnya harus bersih dan baik dalam pengupasannya.

3. Keracunan Makanan

Kenali gejala keracunan setelah makan udang dapat terjadi bila udang tidak disiapkan dan dimasak dengan benar. Udang yang masih kotor atau mentah dapat mengandung bakteri yang bisa menyebabkan keracunan makanan.

Gejalanya bisa berupa sakit kepala, mual, muntah, dan diare. Namun karena umumnya gejala tidak langsung muncul setelah makanan dikonsumsi, banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya mengalami keracunan makanan.

4. Kolesterol Tinggi

Mengkonsumsi udang berlebih pun dapat mengalami peningkatan kadar kolesterol di dalam darah. Dalam satu porsi kecil udang, terdapat sekitar 200 mg kolesterol. Jumlah ini sudah melebihi batas asupan kolesterol untuk satu hari.

Kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke. Oleh karena itu, batasi jumlah udang yang Anda konsumsi. Makan udang dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh, namun sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan.  Jika muncul reaksi alergi, segera kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan. Demikian lebih mengenal manfaat lebih dari udang yang banyak nutrisi namun harus berhati-hati dalam memiliki kolesterol tinggi.
comments

0 Response to "Manfaat Udang Banyak Nutrisi Namun Tinggi Kolesterol"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel