Cara Mencuci Tangan Hingga Bersih

Menjaga kebersihan itu merupakan kewajibab oleh setiap orang dan juga terhadap diri kita sendiri. Tak lebih dari itu pula bahwa menjaga kebersihan merupakan sebagian dari iman dan juga perlu dilakukan dengan memperhatikan akan kebersihan diri dan anggota tubuh lainnya. Yang sering kita lakukan untuk menjaga kebersihan salah satu anggota tubuh yakni tangan. Karena tangan dapat dilakukan dalam kegiatan sehari-harinya untuk melakukan berbagai aktivitas kerja. Seperti halnya dengan melakukan bekerja, belajar hingga melakukan kegiatan menyapu halaman merupakan kinerja tangan yang juga menjaga kebersihan. Sepintas untuk membersihkan tangan berpikir dengan melakukan cuci tangan dengan air mengalir. Pada poin yang baik untuk saat ini Anda tahu bahwa untuk mencuci tangan secara menyeluruh, Anda perlu waktu sekitar 40 detik hingga satu menit. Ada tindakan untuk mencuci tangansebagai pengingat untuk anda. Tak semudah menjaga kebersihan tangan semudah membasahi tangan, mengoleskan pencuci tangan, menggosok dengan cepat dan membilasnya kembali.


Ilustrasi Mencuci Tangan Copyright Shutterstock


Cara mencuci tangan hingga bersih

Ada beberapa tips dan cara yang perlu diperhatikan dengan seksama. Sebelum mencuci tangan, pastikan juga bahwa di rumah terdapat sabun dan sumber air mengalir yang bersih. Alirkan air terlebih dahulu, lalu letakkan sabun (dapat sabun cair atau sabun batang) pada tangan. Jauhkan tangan dari air selama mencuci tangan. Cara sederhana mungkin yang dapat diterapkan oleh semua orang agar tangan tetap bersih terhindar dari bakteri dan kuman berbahaya merupakan sumer penyakit.

  1. Membasuh tangan dengan air mengalir yang bersih dan hangat
  2. Memakai dan menggosok sabun antiseptik
  3. Gosok telapak tangan bersamaan, jauh dari air bersih
  4. Gosok jemari dan jempol dan kulit di sela-sela hingga kotoran dan debu
  5. Bersihkan telapak tangan Anda dengan kuku Anda
  6. Gosok bagian belakang setiap tangan
  7. Cuci dengan air bersih mengalir
  8. Keringkan dengan handuk atau tisu yang bersih.
Mencuci anggota tubuh mulai dari tangan, muka atu pun hingga kaki merupakan tindakan penting untuk menjaga kebersihan diri sendiri. Oleh karena itu pula demikian cara mencuci tangan yang benar sesuai standar World Health Organisation (WHO) dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir merupakan cara terbaik untuk membunuh kuman berbahaya sebagai sumber dari berbagai penyakit. Cara cepat lain yakni dengan menggunakan Hand sanitizer yang sudah terbukti ampuh membersihkan telapak tangan dari berbagai macam bakteri dan virus. Namun apabila tidak tersedia, dapat juga menggunakan hand sanitizer berbasis alkohol 60% sebagai gantinya. Menurut tenaga kesehatan juga memberikan saran terhadap penggunaan hand sanitizer tidak dibenarkan jika tangan terdapat kuman yang sangat kotor dan sulit untuk dibersihkan.

Menurut pendapat para ahli yakni Epidemilog sekaligus Pengurus Pusat Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (PP IAKMI). Anda masih harus mencuci tangan hingga bersih semampainya Anda bersama teman atau orang sekitar tidak terlihat kotor. Menurut salah seorang Syahrizal Syarif, tidak juga yang meragukan untuk keefektivitas hand sanitizer dalam membunuh bakteri ataupun virus yang dapat menyebabkan salah sttu penyakit dan timbulnya sakit. Namun ini juga cairan ini merupakan pembersih yang mengandung antiseptik dan juga dapat berfungsi untuk membunuh mikrobakteri, sehingga tangan anda menjadi bersih.


Dengan banyak hal terjadi, mudah untuk lupa mencuci tangan. Mari coba membuatnya rutin dan menjadi kebiasan salah seorang untuk kehidupan sehari-hari. Akan tetapi anda tak akan selalu memiliki sabun dan air ketika bepergian. Akan tetapi menggunakan sabun antiseptik dan air bersih mengalir. Maka dari itu sampai seterusnya anda juga seharusnya tidak menghambat Anda untuk mendapatkan tangan yang bersih dan higienis. Anda bisa menggunakan cairan pembersih tangan bebas alkohol.
comments

0 Response to "Cara Mencuci Tangan Hingga Bersih"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel