Manfaat Pisang Merah Meningkatkan Imunitas dan Metabolisme

Mengkonsumsi makanan hampir setiap harinya dari seseorang mungkin dengan menu yang berbeda-beda. Terlebih jika konsumsi harian tidaklah luput dari buah-buahan segar. Ada baiknya untuk menambah konsumsi harian anda dengan mengkonsumsi buah pisang. Salah satunya dengan mengkonsumsi buah pisang merah. Pisang merah lebih dikenal sebagai sumber energi diperlukan oleh tubuh yang tepat. Maka dari itu pula nilai kandungan gizi dan mineral dari buah pisang merah sangat diperlukan oleh tubuh. Makanan sehat tentunya dengan memiliki banyak nutrisi, nutrisi layaknya sumber vitamin dan mineral yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Selain itu juga manfaat pisang merah yang berwana kulit merah juga mengandung asupan nutrisi sehat. Pisang merah tersebut memiliki rasa pisang merah seperti pisang pada umumnya, tetapi dengan sedikit rasa raspberry. Pisang dengan warna ungu kemerahan ini masih masuk ke dalam varietas buah pisang. Biasanya, ini ditemukan di daerah Asia tenggara, begitu juga di Indonesia.


Ilustrasi Pisang Merah Copyright Shutterstock


Buah pisang merah merupakan salah satu buah yang mengandung 11 mineral, 6 vitamin, serat, dan karbohidrat yang tinggi. Oleh karena itu pula kandungan yang ada didalam pisang merah yakni antara vitamin dan mineral yang sangat diperlukan oleh tubuh. Maka tak banyak mengira jika mengkonsumsi buah pisang sebanyak satu hingga tiga buah dalam seharinya diperaya cukup mengenyangkan. Untuk pemenuhan nutrisi tidaklah luput dari mengkonsumsi salah satu buah jenis pisang merah yang satu ini. Rasanya manis dan hampir sama dengan buah pisang pada umumnya. Perlu kita ketahui bahwa manfaat pisang merah ampu memberikan asupan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Lalu apakah manfaat sehatnya? Seperti apakah nutrisi enting buah pisang merah seperti yang dikutip dari Healthline.com. Tak ketinggalan dengan pisang berwarna kuning, alasan seseorang juga memilih untuk mengkonsumsi pisang merah juga bernutrisi banyak lagi menyehatkan. Oleh karena itu dalam menu hariannya cukup menambahkan dengan beberapa buah pisang merah dalam menu makanan harian anda.


Meningkatkan Imunitas


Ilustrasi Pisang Merah Copyright Shutterstock


Buah pisang merah tentu selain warna keindahan merahnya yang mencuat tentu memiliki banyak manfaat dan nutrisi penting dari kesehatannya. Adapun manfaat lebih dari buah pisang merah memiliki banyak manfaat yakni beta-karoten dan vitamin C. Selain itu juga mengandung banyak mengandung antioksidan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh tahukah anda jika rutin untuk mengkonsumsi buah pisang merah yakni bermanfaat untuk melawan bakteri, virus, dan mikroorganisme berbahaya lainnya. Sehingga imun akan terbantu dengan kandungan didalam pisang merah ini dan tentunya terjaga apabila anda rutin mengkonsumsinya.

Menjaga Gula dan Tekanan Darah

Ilustrasi Gula Darah Copyright Shutterstock


Studi kasus yang telah disebutkan didalam Research Gate, ini telah menemukan bahwa manfaat pisang merah yakni dapat menjaga gula darah. Selain itu juga baik untuk kesehatan gula dalam darah dengan memiliki senyawa yang dapat mengatur gula darah dalam tubuh tetap stabil. Mengkonsumsi makanan dengan indeks glikemik lebih rendah dapat membantu mengurangi lonjakan kadar glukosa darah secara tiba-tiba. Kebaikan alami dari mengkonsumsi buah pisang merah dapat mencegah stagnan penderita diabetes.

Kebaikan alami dalam pisang merah memiliki kandungan kalium yang berguna bagi tubuh. Seperti apakah diantaranya? Kalium merupakan mineral penting untuk kesehatan jantung karena perannya dalam mengatur tekanan darah.pisang merah ini kaya akan kalium sebanyak 9 persen untuk bantu penuhi asupan hariah. Karena selain dibutuhkan oleh tubuh akan mineral penting lainnya untuk mengontrol tekanan darah yang ada dalam pisang merah adalah magnesium. Satu pisang merah kecil memiliki 8 persen magnesium untuk bantu memenuhi kebutuhan harian anda tentunya. Sebuah tinjauan dari studi kasus lebih dari 10 penelitian menyatakan telah mencatat bahwa meningkatkan asupan magnesium sebesar 100 mg per hari dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi hingga 5 persen. Salah satu diantaranya adalah dengan mengkonsumsi buah pisang merah ini.

Kaya Antioksidan

Pisang merah ini kaya akan antioksidan dan vitamin yang meningkatkan kualitas darah serta jumlah hemoglobin. Ini juga telah dibuktikan bahwa pisang merah memang lebih tinggi kandungannya tenimbang pisang berwarna kuning. Pisang merah mengandung Vitamin B-6 yang membantu pemecahan protein dan pembentukan sel darah merah. Antioksidan bermanfaat dalam menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel. Bukti alain yang ada didalam Pharmacognosy Review, kelebihan radikal bebas dapat menyebabkan stres oksidatif dan pada akhirnya meningkatkan risiko gangguan metabolisme seperti diabetes, penyakit kardiovaskular, dan kanker. Itu sebabnya seberapa pentingnya mengkonsumsi pisang merah yang banyak nutrisi dan manfaat untuk kesehatan tubuh.

Sumber Energi

Ilustrasi Seseorang Lebih Berenergi Copyright Shutterstock


Seperti halnya dengan pisang kuning, pisang merah juga memberikan nutrisi penting bagi kesehatan tubuh. Ada beberapa manfaat lebih yang dapat dirasakan bagi tubuh yakni tercukupinya asupan kalium, vitamin C, serta serat. Pisang merah kecil hanya memiliki sekitar 90 kalori dan sebagian besar terdiri dari air dan karbohidrat. Kandungan vitamin B6, magnesium, dan vitamin C yang tinggi membuat varietas pisang ini sangat padat nutrisi. Buah pisang merah sebagai sumber energi yang baik untuk tubuh, selain itu juga kemampuannya untuk meningkatkan energi. Pisang warna merah mengandung tiga varietas gula alami yang berbeda: fruktosa, sukrosa, dan glukosa. Karena ketiga varietas gula ini dipecah dengan cepat, mengonsumsi buah ini akan memberi Anda energi.

Meningkatkan Proses Metabolisme

Pisang warna merah juga bisa menjadi pendorong metabolisme. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin B6 yang tinggi mampu mendukung metabolisme yang sehat. Jika metabolisme itu baik menjaga tingkat energi tetap stabil sepanjang hari.

Morning Sickness

Manfaat lebih dari pisang merah bagi ibu yang sedang hamil, jika anda seringkali mengalami gejala seperti morning sickness. Kondisi ini bisa terjadi pada wanita hamil karena perubahan hormon dalam tubuh. Pisang merah mengandung pyridoxine atau vitamin B6 yang mengendalikan masalah mual dengan mempertahankan kadar gula darah.

Baik Untuk Kesehatan Mata

Alasan seseorang menyantap pisang merah karena dapat membantu menyembuhkan dan menjernihkan penglihatan mata. Terlebih fakta kesetan dari kandungan bernama Lutein dan beta karoten merupakan dua karotenoid dalam pisang merah yang bantu menunjang kesehatan mata. Keduanya bermanfaat dalam mencegah degenerasi makula terkait usia, serta kebutaan.

Fakta  lain yang telah disebutkan yang ada dalam National Library of Medicine, sebuah penelitian menemukan bahwa makan makanan yang kaya lutein dapat mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia lanjut sebesar 26 persen. Selain itu juga manfaat jitu dari kandungan beta karoten dapat diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Diketahui bahwa vitamin A merupakan salah satu vitamin terpenting untuk kesehatan mata.

Nah itulah dari beberapa deretan manfaat lebih dari mengkonsumsi pisang merah, Pisang merah tinggi akan serat dan nutrisi, serta relatif rendah lemak dan kalori. Serat pada pisang membantu meningkatkan rasa kenyang dan dapat bantu menurunkan berat badan. Selain itu dengan makan beberapa buah saja dapat mengenyangkan perut dan membuat nutrisi tubuh akan segera terpenuhi dengan mengkonsumsinya secara rutin.
comments

0 Response to "Manfaat Pisang Merah Meningkatkan Imunitas dan Metabolisme"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel